Tujuan dan fungsi koperasi sebagai badan
usaha
1. Pengertian
Badan Usaha
Badan Usaha adalah suatu bagian yang telah ditetapkan dan
dibentuk untuk berusaha dan mencapai tujuan tertentu
2. Koperasi
sebagai Badan Usaha
a. Koperasi adalah badan usaha atau perusahaan yang
tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25,
1992)
b. Mampu untuk
menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya
c. Ciri utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan;
sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa
d. Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan
unit ekonomi rakyat memerlukan sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik,
organisasi & informasi) dan sistem keanggotaan (membership system)
3. Tujuan
dan Nilai Koperasi
- Memaksimumkan keuntungan, berarti segala
sesuatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai pemaksimuman keuntungan
- Memaksimumkan nilai perusahaan, berarti
membuat kualitas perusahaan bernilai tinggi dan mencapai tingkat maksimal,
yaitu dari nilai perusahaan itu sendiri
- Meminimumkan biaya, berarti segala sesuatu
yang dilakukan agar hasil maksimala dan keuntungan besar kita harus
meminimalkan segala biaya agar mendapatkan sesuatu yang terbaik
4. Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi
- Theory of the firm; perusahaan perlu menetapkan tujuan
- Mendefinisikan organisasi
- Mengkoordinasi keputusan
- Menyediakan norma
- Sasaran yang lebih nyata
- Tujuan perusahaan :
- Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost (memaksimalkan keuntungan ,mengurangi nilai dari perusahaan ,memperkecil biaya)
- Koperasi
- Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented
- Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)
- Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)
- Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan
- Keterbatasan Teori Perusahaan
Maximization of sales (William
Banmoldb); jika tidak memaksimumkan penjualan maka anggota akan di pecat,
tetapi koperasi tidak
Maximization of management utility (Oliver
Williamson); antara pemilik da anggota terjadi perbedaan yang mencolok,
tetapi koperasi tidak
Satisfying Behaviour (Herbert
Simon); hanya satu pihak yang berjuang, tetapi koperasi semua anggota
berperan penting
- Teori Laba
Konsep laba dalam koperasi adalah SHU;
semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.
- Fungsi Laba
- Innovation theory of profit; perolehan laba
yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi
terhadap produknya.
- Managerial Efficiency Theory of profit;
organisasi yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas
rata-rata laba normal.
Kegiatan Usaha Koperasi
- Key success factors kegiatan usaha koperasi : Status dan motif anggota koperasi, Kegiatan Usaha, Permodalan Koperasi, Manajemen Koperasi, Organisasi Koperasi, Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)
Status & Motif Anggota
1. Anggota
sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)
2. Owners
: menanamkan modal investasi
3. Customers
: memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal
4. Kriteria
minimal anggota koperasi
Tidak berada di bawah garis
kemiskinan & memiliki potensi ekonomi
Memiliki pola income
reguler yang pasti
Kegiatan Usaha
a. Usaha
yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan
kesejahteraan anggota.
b. Dapat
memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam
rangka optimalisasi economies of scale).
c. Usaha
dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar